Seniman berlatih tari di halaman rumah situs Persada Sukarno Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri

SURYAMALANG.COM, KEDIRI – Puluhan seniman dari berbagai daerah tampil dalam pertunjukan seni budaya dan Ngaji Budaya di halaman rumah situs Bung Karno, Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Minggu (24/4/2016).

Pertunjukan kesenian yang digelar di antaranya diawali Tari Topeng Klono Joko. Tari ini persembaham dari grup kesenian Wayang Topeng Jati Duwur – Kabupaten Jombang.

Kemudian fragmen tari Panji Gumelar dari Sanggar Sasono Panji Saputro Kediri. Dilanjutkan dengan Monolog “Enthit Ngarit“ dalam bentuk janturan bersama Agus Bimo (Mbah Merapi) bersama kru seniman pendukungnya.

Ada juga fragmen Panji Tani hasil kolaborasi bersama Kediri Bertutur. Panji Tani menampilkan Agatta Aurellia penari dari Namarina Ballet Jakarta, Uni dan Iik Suryani penari dari Surakarta dengan iringan musik Mbah War.

Kemudian dilanjutkan tembang dolanan “Ilir – Ilir“ didukung Abednego Kurniawan dengan iringan musik Mbah War – Kediri.

Sebagai penutup digelar kesenian “Rampokan” dari grup Jaran Kepang Wargo Putro Budoyo – Kediri.
Kegiatan Ngaji Budaya ini juga dimeriahkan pameran Wayang Beber Kontenporer dengan tema “Panji Balik Kampung” yang digelar di aula sanggar.

Kushartono, panitia Ngaji Budaya kepada Surya menyebutkan, kegiatan Kediri Bertutur ini hasil kerja sama mahasiswa Fisip Universitas Indonesia (UI) dan situs Bung Karno Ndalem Pojok.

“Kami ingin nguri-nguri supaya kesenian tradisional tetap lestari,” ungkapnya. (sumber surya online)

Seniman berlatih tari di halaman rumah situs Persada Sukarno Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri

Seniman berlatih tari di halaman Persada Sukarno Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *