Antropologi asal Belgia berkunjung ke Rumah Persada Sukarno Kediri

SURYAMALANG.COM, KEDIRI – Patrick Vanhoebrouck, peneliti Antropologi asal Belgia mengunjungi rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (24/4/2016).

Antropologi asal Belgia berkunjung ke Rumah Persada Sukarno  Kediri

Antropologi asal Belgia berkunjung ke Rumah Persada Sukarno Kediri

Kunjungan Patrick dalam rangka tampil memberikan apresiasi budaya yang digelar pada event Kediri Bertutur. Bersama Patrick juga tampil seniman dari sejumlah sanggar kesenian dari Yogjakarta dan Solo.

Patrick merupakan peneliti cerita dan topeng Panji. Dari hasil penelitian itu banyak temuannya terkait dengan cerita dan topeng Panji. Selama ini, sebagian kalangan mengklaim cerita Panji berasal dari akar sejarah Kediri.

Begitu tiba di rumah joglo yang menjadi salah satu situs peninggalan Bung Karno, Patrick tampak begitu antusias dan banyak menanyakan sejarah dan latar belakangnya. Itu sejalan dengan profesi keahliannya sebagai peneliti Antropologi.

Malahan Patrick juga blusukan ke sejumlah ruangan tempat memajang benda-benda peninggalan keluarga ahli waris Ndalem Pojok. Termasuk mengamati kamar tempat Sukarno kecil tidur di kamar depan rumah induk.

Sebagai ahli Antropologi, Patrick terlihat tertarik mengamati dua koleksi topeng di lemari kaca ruang depan. Peneliti bule itu mengamati begitu detail desain topeng dari bahan kayu.

Tidak berhenti disitu, Patrick juga meminta untuk diantarkan ke sungai tempat Bung Karno kecil mandi sambil memandikan kerbau. Lokasi sungai kecil dengan air yang masih tampak jernih itu berada 500 meter di belakang bangunan rumah.

Patrick mengaku banyak mendapatkan informasi baru terkait masa kecil Bung Karno yang banyak dihabiskan di Kediri. Itu sebabnya Patrick tidak tergesa-gesa dalam melakukan pengamatan.

“Pelan-pelan, kita santai saja waktu saya di sini masih banyak. Ini banyak informasi baru,” ungkapnya.

Rumah masa kecil Bung Karno yang ada di Kediri telah diakui Yayasan Bung Karno sebagai salah satu situs peninggalan Soekarno di Kediri.

Tahun lalu Yayasan Bung Karno telah memberi nama bangunan kuno yang masih terawat baik itu sebagai Persada Sukarno.* (sumber surya online)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *