Persada Soekarno Ikuti Pemeran, Keluarkan Tiga Benda Penting

Rapat Persiapan Pameran Persada Soekarno

Situs Persada Soekarno Kediri akan mengikuti Pameran Pekan Budaya dan Pariwisata Kabutapaten Kediri pada 31 Juli sampai 05 Agustus mendatang. Rencannya Persada Soekarno bersama Persaudaraan Cinta Tanah Indonesia akan memamerkan benda-benda bersejarah terkait perjalanan hidup Soekarno khususnya masa kecil dan masa mudanya.

“Baru kali ini kita diundang oleh pemerintah Kabupaten Kediri untuk turut mengisi pameran, kita sangat apresiasi dan  berterima kasih,” ujar R. Suhardono Ketua Umum Persada Soekarno Kediri. Rencananya pengelola Persada Soekarno Kediri akan memamerkan beberapa benda yang selama ini belum pernah dipubilkasikan secara umum.

“Ada  tiga benda yang  akan menjadi unggulan kita, kursi, wayang, dan surat wasiat yang berisi silsilah dari kakek Bung Karno,”aku Danang Agus  panitia penyelenggara pameran Situs Persada Soekarno.

Tiga benda penting itu adalah: 1. Kursi masa kecil Bung Karo penginggalan dari RMP Soemohadmodjo, 2. Wayang peninggalan leluhur Bung Karno Blitar, 3. silsilah asli leluhur Bung Karno yang ditulis pada  1906 lima tahun setelah kelahiran Bung Karno.

Stand pemeran Situs Persada Soekarno ini berlokasi satu atap  berada distand milik Disbudpar Kabupaten Kediri yang mengusung tema “Kampung Panji dan Rumah Peradaban Apresiasi budaya Kediri”. Disbudpar akan menampilkan beragam budaya Panji di Kabupaten Kediri, antara lain; Replika Prasasti Harinjing, Wayang Krucil, Replika Relief Gambyok, lukisan wayang beber kontemporer karya siswa SMA se-Kabupaten Kediri, foto wayang mbah gandrung, Peta Diaspora Panji Nusantara dan  Topeng Panji,

Dengan didukung oleh partisipasi dari; (1) Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslitarkenas) Jakarta, dan (2) Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta yang akan menampilkan hasil-hasil penelitian kepurbakalaan di Kabupaten Kediri, (3) nDalem Pojok Bung Karno, (4) Komunitas Pelestari Sejarah dan Budaya Kadhiri (PASAK) dan (5) Komunitas Bangsal JE Desa Jambu yang akan menampilkan apresiasi kekayaan budaya Kediri.* Al

Bagikan