Lukisan Asli Bung Karno, Berada Di Stan Panji Balik Kampung

Dalem Pojok merupakan sebuah situs bersejarah milik Bung Karno, yang berada di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Dalam Pameran Pariwisata, Budaya dan UMKM nDalem Pojok berpartisipasi dengan bergabung dalam stan Panji Balik Kampung.

Dian Hadi, salah satu pengurus Situs nDalem Pojok menjadi bagian dari Stan Pameran Panji Balik Kampung. Situs nDalem Pojok menampilkan beberapa koleksi berharga, yang merupakan benda-benda bersejarah milik Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno.

 

Adalah sebuah kursi yang dulunya sering digunakan oleh Bung Karno. Kursi tersebut dibuat sejak tahun 1835, dengan menggunakan kulit Harimau sebagai alas duduknya. Kemudian pada tahun 1850, kulit Harimau tersebut digantikan dengan kulit Kerbau Jawa.

Menurut Dian Hadi, Kursi Pusaka ini merupakan salah satu peninggalan dari RMP Soemohadmodjo yang merupakan Patih Ndalem PB IX. “Kursi ini memiliki sebuah arti penting karena dahulu usai selamatan pergantian nama Koesno menjadi nama Soekarno, RMP Soemohadmodjo berwasiat.” Ujar Dian Hadi kepad tim Kominfo, Selasa (2/8).

Titenana, bocah ini dadhi kembange jagat. (Ingat-ingatlah, anak ini akan jadi bunga dunia). Seperti itulah ucap RMP Soemohadmodjo sambal mengusap kepala Bung Karno, pada masa itu.

Kini nDalem Pojok telah diresmikan oleh Guruh Soekarno Putra menjadi Situs Persada Soekarno. Menariknya selain Kursi Pusaka, di Stan Panji Balik Kampung juga terdapat lukisan asli Bung Karno. Lukisan tersebut merupakan lukisan pertama Bung Karno sesaat setelah dilantik menjadi Presiden Indonesia. (sumber web site kedirikab.go.id Kominfo)

 

Bagikan