Ketua BPIP Prof. Dr. Hariyono bersama rombongan  dijadwalkan akan kembali berkunjung ke Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno Kediri Rabo 20 November 2019 depan.  Kedatangannya kali ini dalam acara bertema “Jagongan Pembakti Kampung dan Komunitas Kediri Raya.  Hadir juga Dr. Soenarto Retor Universitas Bung Karno Jakarta.

“Undangan yang kita sebar sekitar 120 lembaga/komunitas. Sudah ada yang mendaftar sekitar 210 utusan perwakilan lembaga/komunitas, mahasiswa dll'” ujar Agusta Danang Provianto Ketua Panitia Jagongan Pembakti Kampung dan Komunitas Kediri Raya.

“Banyak hal yang akan dibahas, tapi semua pembahasan tidak lepas dari Pancasila Dasar Negara Republik Indonesia,” tambah Danang.

Sementara itu dari Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno dikabarkan akan mengusulkan Pancasila harus bisa menjadi  Ideologi Global  untuk  di Era Global untuk generasi Y dan generasi Z.

“Pancasila itu tidak akan lekang oleh jaman. Dia akan cocok di era apapun. Bung Karno sendiri mengatakan Pancasila itu meja statis sekaligus leitstar yang dinamis,”  ujar Kushartono Ketua Harian Situs Ndalem Pojok  Persada Sukarno Kediri.

 

Dikatakan muculnya generasi Y dan  generasi Z yang lahir di zaman global juga digital memang bisa mengancam idiologi nasionalisme, ideologi kebangsaan. Karena meraka generasi Y dan generasi Z begitu lahir  melihat dunia ini global bagai tak ada sekat lagi.

Tapi disisi lain,  era global dan digital ada peluang emas yang mengembirakan jika kita mampu menghadirkan idologi yang juga global.

“Kami melihat era global millennial  ini ada peluang emas untuk memasukkan ideologi global. Apa  Ideologi global itu,  ya  Pancasila. Karena menurut Soekarno bisa jadi landasan dunia,” ujar Pria yang juga menjadi Ketua DPC PCTA Indonesia Kediri ini. “Besok dihadapan BPIP dan Rektor UBK akan kita coba lempar peluang ini,” tambahnya.

Sebagaimana di ketahui pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019 lalu di situs Ndalem Pojok sempat melempar gagasan Hari Perdamaian Dunia Abadi dengan dasar Pidato Presiden Soekarno di sidang Umu PBB 30 September 1960 Membangun Dunia Baru dengan  Pancasila.

Selain diskusi acara “Jagongan Pembakti Kampung dan Komunitas Kediri Raya ini juga akan di isi dengan pentas seni budaya.

“Mohon doa restu dan monggo hadir dulur, bicara Pancasila pasti menarik. Semoga agenda belajar bersama Pancasila dasar negara ini lancar, sukses, selamat dan bermanfaa,” harap Agusta Danang Ketua Panitia.* SR

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *