APA YANG DIMAKSUD MEMBANGUN JIWA BANGSA

Sekarang kita masuk pada  soal jiwa bangsa Indonesia. Apakah jiwa bangsa Indonesia itu, bagaimana cara membangunan jiwa bangsa Indonesia itu.

Seperti pengertian jiwa yang memiliki makna luas. Begitupula jiwa bangsa Indonesia itu juga mengandung pengertian yang luas.  Bahasa juga disebut jiwa bangsa, gotong royong juga jiwa bangsa, Bhineka tunggal Ika, bendera Sang Merah Putih, Lambang Negara, Lagu Kebangsaan Indonsia Raya, Sumpah Pemuda, Proklamasi, Pembukaan UUD 45. Semua juga jiwa bangsa, semua adalah kepribadian bangsa Indonesia.  Keseluruhan ciri – ciri khas bangsa Indonesia, yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lainnya. Itulah jiwa bangsa itulah jatidiri bangsa Indoensia.  Dan yang paling fondamental adalah Pancasila.

Dari sini kemudian ada  istilah, pembangunan karakter bangsa, pembangunan budiperkerti, Nation and Character Building,  ada istilah revolusi mental. Itu memang karena luasnya dan dalamnya soal jiwa bangsa ini.  Dan kamipun punya istilah sendiri  “Pembangunan jiwa untuk Indonesia Raya.” Dasarnya “Bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk Indonesia Raya.”

Harus Tujuan jelas

Menurut pendapat kami membangun jiwa harus dengan tujuan yang jelas. Untuk apa? Jangan sampai terjadi, misalnya, ada membangun jiwa, membangun karakter, membangun budiperkerti, Nation and Character Building,  revolusi mental.  Untuk apa? untuk kelompoknya sendiri, untuk gologannya sendiri, untuk partainya sendiri, untuk keluarganya sendiri, untuk dirinya sendiri? Apa arti membangun jiwa kalau tujunya itu? Ya sama saja bohongkan.

Jadi berdasarkan Lagu Indonesia Raya membangun jiwa membangun karakter, membangun budiperkerti, Nation and Character Building,  revolusi mental harus tujuan jelas.  Untuk apa?

Sebab sekarang ini banyak pembangunan-pembangunan dimana-mana tapi tujuanya masih perlu dipertanyakan.  Contoh: Ada pembangunan di Indonesia, ada pembangunan Indonesia.  Mana yang banar? Dua kalimat ini hampir sama tapi memiliki makna yang juah berbeda. Sekarang ini yang banyak, pembangunan di Indonesia atau pembangunan Indonesia. Inilah perlunya ada  tujuan jelas. Bersambung……

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *