Seni Keroncong

Musik keroncong adalah suatu jenis musik asli Indonesia. Jenis aliran musik yang lahir tumbuh dan berkembang lewat buah cipta, rasa dan karya bangsa Indonesia. Sekalipun bukan termasuk musik tradisional, karena musik keroncong  sedikit banyak dipengaruho oleh musik barat yang dikenal yang dikenal sebaga fado.

Dalam masa perkembangannya, keroncong pernah mengalami masa keemasan yaitu sekitar jaman kemerdekaan sampai tahun 60-an. Di masa itu misalnya, Presiden Soekarno juga turut mendukung dan andil dalam membesarkan musik ini dengan memprakarsai lahirnya album keroncong ala Bung Karno.

Kini music keroncong mulai meredup  kalah dengan music-musik diatonis yang banyak berkembang pada saat ini. Jangankan kalangan muda kalangan tua juga banyak melupakan musik asli Indonesia ini.

Berangkat demi turut melestarikan karya-karya  bangsa Indonesia yang kini mulai tergerus oleh budaya-budaya asing inilah di situs Bung Karno Kediri juga dibangkaitkan kembali music keroncong. Agenda latihan musik keroncong di Ndalem Pojok situs Bung Karno Kediri dilaksanakan pada hari Rabo malam Kamis, terbuka bagi semua kalangan.

Ayo hadir dan mari kita lestarikan seni budaya music keroncong, apalagi Bung Karno juga pecinta musik  keroncong. Sebagai presiden beliau pernah memprakarsai serial album keroncong bertajuk Keroncong Galian Bung Karno.*

Bagikan