Belajar Tari

Manyadari menari pada hakekatnya adalah ungkapan syukur pada Sang Maha Pencipta dan tari adalah salah satu diantara budaya luhur bangsa Indonesia. Maka di Situs Bung KarnoKediri  juga diajarkan seni budaya menari khusunya bagi anak-anak.

Terbuka untuk semua kalangan dan tanpa dipungut biaya, Jadwal belajar menari dilangsungkan Setiap Sabtu Sore  Pkl. 15.00 s/d 17.00 dengan guru tari yang sangat sabar yakni  Ibu  Rini dan Ibu Yuli.

Dalam tinjuan ilmu kesehatan ternyta menari juga banyak manfaatnya.  Saat menari entah berapa banyak otot yang bekerja, dan anak dilatih menjadi lebih kuat, seimbang, berstamina, koordinatif dan fleksibel. Selain kekuatan dan lainnya, dengan berlatih menari postur tubuh juga menjadi lebih baik. Cara berdiri, duduk, berjalan, dan semua aktivitas lain akan menjadi lebih baik (dan lebih anggun). Terbiasa memiliki postur tubuh yang benar dalam kegiatan sehari-hari saja sudah akan mengurangi banyak penyakit.  Dengan menari semua organ-organ tubuh akan berfungsi dengan baik, dimana selsel dapat berkembang dengan baik dan bekerja disetiap organ dengan baik.

Begitu pula dalam  pandangan ilmu psikologi menari bisa meninggkatkan kepercayaan diri. Kenapa percaya diri bisa meningkat dengan menari? Alasan yang langsung terlihat adalah karena mereka akan merasa senang dengan tubuhnya dan kemampuannya mengolah gerak. Namun bukan hanya itu, Anthony Robbins, sekorang pakar NLP dan motivasi top dunia, selalu menyarankan semua orang yang ingin mengubah nasib hidupnya dengan memulai dari mengubah tubuhnya dulu menjadi lebih sehat dan bugar. Men sana in corpore sano begitu lah. Dengan memperhatikan kesehatan dan kebugaran fisik terlebih dahulu, kita akan benar-benar merasa memegang kendali dan bertanggung jawab atas diri kita sendiri (bukan berarti melupakan Tuhan ya). Kemampuan untuk berfokus juga akan meningkat dengan belajar menari. Jelas lah ini. Gimana bisa menari dengan baik kalau nggak fokus? Menari juga akan melatih memori, karena kita harus menghafal urutan gerak.

Anda berminat mengajari anak atau saudara anda menari? *

Bagikan