Pohon Kepuh

 

 

Ini adalah pohon kepuh, pelitasan tempat Bapak Bangsa kita merenung dan berfikir mendalam. Bagi kami ini tempat yang paling penting bagi Soekarno.

Bagaimana dia bisa menjadi seorang pemimpin besar, bapak bangsa, sang proklamator kemerdekaan bangsa Indonesia, penyambung lidah rakyat dan pemimpim yang mendunia. Semua berawal dari tempat ini, tempat Bung Karno merenung. Bapak bangsa kita merenungi keadaan bangsanya yang waktu itu dalam cengkraman penjajah, bangsa bangsa kita merenung bahwa bangsa Indonesia harus merdeka, harus bangkit. Dan terus merenung sampai bisa menemukan kekuatan maha besar untuk meraih kemerdekaan.

Untuk itulah film yang pertama kami memasukkan Ndalem Pojok dalam film documenter berjudul “Film The Founding Father” tahun 2005 garapan Wisma Merah Bandung bekerjasama dengan Perpustakaan Bung Karno Blitar, Radio Ganesha dan Pemerintah Kota Blitar  justru  mengambil  situs pada pohon Kepuh ini bukan rumah atau yang lain.

Dalam sejarah memang banyak orang-orang besar dunia itu terkait dengan pohon.Mungkin kita masih ingat dengan kisah Sunan Kalijogo takluk kepada Sunan Bonang juga karena pohon, Alexender yang Agung atau Iskandar Zulkarnain tokoh penguasa dunia,  Sidarta Gautama sang penyebar agama Budha ketika menemukan jatidiri juga dibawah pohon Budhi.   Bahkan sejarah awal kehidupan munusia di bumi yakni nabi juga terkait pohon. Sampai-sampai kata-kata sejarah diambit dari urat kata sajarotun (bahasa Arab) yang artinya pohon.  Dasar negara kita Pancasila juga dicetuskan oleh Bung Karno dibawah pohon Sukun di Ende.*

 

Bagikan